Keindahan Air Terjun Sumper Pitu

Spread the love

“Bumi Arema lahir ketika Tuhan sedang jatuh cinta.” Sepertinya kalimat tersebut cocok disematkan di Malang Raya. Pasalnya Malang diberkahi dengan wisata alam yang berlimpah. Terdapat banyak pilihan pantai, bukit, pegunung, sampai kuliner. Ibarat seiya sekata, ada pegunungan selalu disertai dengan sumber air. Yang beberapa terbentuk pula air terjun.

Kota Batu mempunyai sumber air yang unik. Biasanya penduduk setempat menyebut air terjun ini dengan panggilan Sumber Pitu. Disebut Sumber Pitu karena tempat ini memiliki tujuh titik air terjun dalam satu tebing. Tebing tersebut memiliki lebar sekitar lima puluh meter. Menurut informasi air terjun Sumber Pitu baru mulai popouler di tahun 2014. Air terjun ini juga termasuk ke dalam kawasan hutan lindung milik Perhutani Kabupaten Malang. Kabarnya ketika musim kemarau debit air akan berkurang dari biasanya. Jika ingin kesini bisa dengan rental mobil malang dari Nahwa Travel.

 

Coban Sumber Pitu

Lokasi Air Terjun Sumber

Air Terjun Sumber ini berada di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Wisata ini akan lebih mudah diakses melalui jalur Batu-Kediri. Jika melalui jalur ini, kalian hanya perlu mengikuti arah jalan sampai bertemu pertigaan patung sapu, setelah itu belok kiri. Perjalanan dilanjutkan ke arah Desa Pujon Kidul. Nahh Disitulah desa lokasi air terjun Sumber Pitu.

Aktivitas di Air Terjun Sumber Pitu

Melakukan petualangan ke Coban Sumber Pitu Tumpang, seenggaknya sobat traveler akan dimanjakan dengan pesona pemandangan alam pegunungan sejak diharuskan berjalan kaki sejauh 2 kilometer menuju lokasi. Oleh karena itu, sobat traveler harus mepersiapkan energi terlebih dahulu sebelum berpetualang di sini.

Kecuali bagi traveler yang manja, dua kilometer bukanlah jarak yang jauh jika dibandingkan pengalaman yang didapatkan. Lagi pula selama itu, siapa yang tidak akan takjub oleh pemandangan ? .. Perkebunan apel milik warga, lahan sayur mayur, serta tebing bebatuan yang turut menegaskan kemolekannya.

Sebagai menu pembuka, sobat traveler akan dimanjakan pada air terjun yang lain, yakni Coban Tunggal. Untuk dinikmati sejenak, air terjun ini berada di jalanan setapak sebelum menoleh ke kiri dan menemukan sajian utamanya, Coban Sumber Pitu.

Jarak antara kedua coban tak cukup jauh, berkisar 150 meter. Keduanya bertemu pada aliran yang sama. Pertemuan inilah yang kemudian disebut air terjun di titik ketiga, berjalan lambatlah agar sobat traveler bisa semakin detail menghayati kemolekan alam yang tersaji, sebelum terbuai dan bahagia di Sumber Pitu.

Saat menikmati wisata, setiap traveler memiliki cara yang unik. Jadi beraktivitaslah seperti yang kalian suka. Namun tetaplah beretika dan jagalah kebersihan. Perlu diketahui, warga setempat meyakini bahwa air terjun ini masih berhubungan dengan Gunung Bromo dalam banyak hal.

Seringkali, lokasi di Sumber Pitu Tumpang juga digunakan sebagai tempat ritual oleh masyarakat setempat, terutama yang datang dari luar desa Duwet Krajan. Jadi, tunjukanlah bahwa Anda adalah traveler yang beretika, arif dan bijaksana yang mencintai alam dengan kerendahan hati untuk santun menjaganya.

Sebagai informasi tambahan, oleh karena debit airnya yang besar, banyak yang meyakini bahwa sumber air yang keluar dari air terjun setinggi 70 meter itu adalah berasal dari bawah tanah. Di sisi yabg lain, di depan air terjun Sumber Pitu Tumpang ada sebuah pohon besar yang tumbang.

Pohon tumbang itu adalah pohon tua yang diperkirakan telah berumur puluhan tahun tersebut, akarnya terangkat ke atas. Di titik inilah kebanyakan wistawan mengabadikan keberadaan mereka karena keberadaan pohon tersebut menambah kesan eksotik dengan latar belakang kemolekan air terjunnya.

Fasilitas di air terjun sumber pitu

Sumber Pitu merupakan air terjun yang keberadaannya masih tersembunyi sehingga fasilitasnya belumlah memadai. Hal ini juga termasuk akses jalan menuju ke sumber pitu. Jalanannya Cenderung becek saat hujan karena masih berupa tanah dan belum diperkeras dengan semen. Fasilitas lain yang ada meliputi Mushola, warung, dan toilet.