Tips Solo Traveling untuk Pemula

Spread the love

Jika Anda seorang traveler tentu Anda akan tidak akan takut untuk bepergian sendirian. Hal ini dikarenakan Anda sudah terbiasa pergi baik dengan teman maupun sendirian. Akan tetapi jika Anda seorang pemula bagi kebanyakan orang melakukan Traveling secara sendiri adalah hal yang tabu atau menakutkan. Ini dikarenakan sebagian besar orang tersebut takut jika kesepian, kesasar atau tidak merasa aman.

Jika Anda senang menyendiri tentu melakukan solo Traveling tentu akan terlihat lebih menyenangkan. Hal ini dikarenakan Anda dapat bebas menentukan tempat tujuan, melatih kemampuan Anda beradaptasi, belajar untuk mandiri, memiliki teman baru, dll. Agar solo Traveling Anda terlihat menyenangkan maka simak informasi berikut semoga dapat membantu Anda.

Tips Melakukan Solo Traveling :

  1. Lakukan riset terlebih dahulu

Saat ingin melakukan Traveling Anda wajib tahu tentang objek maupun daerah yang ingin Anda kunjungi. Setelah itu Anda harus mencari tahu harga tiket menuju tempat wisata tersebut, tiket masuk tempat wisata, jam operasional, akomodasi, dll. Anda dapat mencari tahu lewat web atau blog para traveler sejati karena biasanya memuat informasi secara lengkap tempat wisata.

  1. Buat anggaran biaya dan rencana perjalanan

Saat melakukan Traveling Anda harus membuat secara detail rencana perjalanan Anda tentang rincian naik kendaraan apa menuju tempat wisata, destinasi mana yang akan dikunjungi, uang yang harus disiapkan, dll. Panduan ini bertujuan agar Anda mempunyai pilihan saat ingin melakukan Traveling jadi Anda tidak perlu kebingungan lagi saat berada di tempat wisata.

  1. Simpan dokumen dan uang secara terpisah

Saat menyimpan barang berharga tentunya jangan menyimpannya secara bersamaan untuk berjaga jaga saat terjadi kejahatan. Pisahkan uang tunai dan atm di beberapa bagian jangan hanya menyimpan uang tunai maupun uang yang ada di atm saja. Selanjutnya Anda juga harus copy atau scan dokumen penting. Hal ini menyiasati apabila terjadi kehilangan atau keadaan yang tidak Anda duga sebelumnya.

  1. Catatlah nomor yang penting

Pastikan jika Anda bepergian sudah mencatat nomor nomor penting misalnya nomor telefon penginapan Anda, rumah sakit maupun polisi, nomor orang terdekat, dll. Catat semua nomor ini di buku atau kertas agar Anda tidak kesulitan saat ingin menemukannya meskipun tidak membuka hp.

  1. Gunakan light packing

Jika kamu solo traveler maka beban yang kamu bawa jangan terlalu berat, bawalah barang yang ringan. Kemudian bawa barang seperlunya saja. Jangan membawa baju yang terlalu banyak. Hal ini dikarenakan setiap Anda menginap di penginapan pasti disediakan jasa laundry yang dapat mencuci baju Anda.

  1. Carilah tempat penginapan di hostel

Carilah penginapan hostel karena sesama solo traveler akan sulit menemukan teman yang seperti kamu jika ingin mencari di private hotel. Jika Anda memilih penginapan hostel tentu Anda akan bertemu orang yang sesame solo traveler dari berbagai belahan wilayah di Indonesia maupun di dunia. Hal ini dikarenakan hostel menyediakan dorm yang sesuai dengan jenis kelamin, dan fasilitas lengkap meliputi dapur, ruang rekreasi, dll.

  1. Pilihlah kedatangan tempat tujuan pada pagi hari

Jika Anda bepergian sendirian tentu waktu kedatangan yang cocok Anda pilih yaitu pagi maupun siang hari. Hal ini berkaitan dengan keamanan diri Anda saat sampai di tempat penginapan yang Anda tuju. Kemudian resepsionis hotel ataupun hostel yang Anda tuju juga pasti buka dan Anda tidak harus tidur di bandara maupun terminal.